Tentang eLisa

Gedung Pusat UGM

eLisa (eLearning System for Academic Community) adalah sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan oleh UGM untuk memfasilitasi proses pembelajaran baik dalam konteks perkuliahan di UGM maupun pembelajaran online untuk masyarakat luas. eLisa dikembangkan dari nol dan berevolusi seiring perkembangan kebutuhan pengguna. Dalam hal ini, dosen-dosen UGM sebagai pengguna eLisa sangat berperan penting dalam pengembangan eLisa melalui masukan-masukan dan ide-ide yang sangat berharga.

LMS ini berguna untuk membantu civitas akademik menyelenggarakan pembelajaran melalui internet. Dosen dapat mengunggah bahan kuliah, berdiskusi, dan memberikan penugasan untuk mahasiswa. Mahasiswa dapat mengunduh bahan perkuliahan, berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas dari dosen.

Untuk itu eLisa dikembangkan pada 3 prinsip:

  1. kemudahan penggunaan (simplicity of use),
  2. berbasis pada teori pembelajaran (sound instructional design)
  3. penciptaan lingkungan belajar aktif (engaging learning environment).


Konsep komunitas dalam eLisa ibarat sebuah rumah belajar dimana para penghuninya dapat nyaman berinteraksi dalam kerangka pembelajaran. Berikut ini video sekilas pemanfaatan eLisa.



Komunitas

Sebuah komunitas dapat mewakili sebuah mata kuliah di eLisa. Di dalam eLisa, dosen (bisa lebih dari satu dosen) berperan sebagai inisiator pembelajaran dengan menyiapkan bahan kuliah, menggelar diskusi, dan mengadakan kuis dan tugas. Mahasiswa dapat terlibat aktif dalam semua kegiatan di dalam komunitasnya, dimanapun, setiap saat. Sehingga pada suatu titik, terciptalah kolaborasi peran dosen-mahasiswa yang estetis.

Komunitas di eLisa juga dapat mewakili komunitas di dunia nyata. Seperti misalnya, jika ada dosen pengguna eLisa yang memiliki komunitas belajar di luar konteks perkuliahan maka eLisa dapat memfasilitasi komunitas ini secara online. Sebagai contoh, seorang dosen bisa saja membuat komunitas inseminasi buatan sebagai sarana belajar para petani di desa binaan UGM ataupun petani-petani di tempat lain


Ruang

Komunitas di eLisa terdiri atas ruang-ruang pembelajaran. Dengan adanya ruang-ruang tersebut, pembelajaran ibarat sebuah penjelajahan yang menantang. Setiap ruang dapat menyimpan materi referensi, bahan kuliah, animasi ataupun video. Menambah materi di tiap ruang semudah membukanya di eLisa.


Diskusi

Tidak ada seorang pun yang tahu semuanya, dan setiap orang pasti tahu sesuatu. Itulah mengapa kita merasa perlu berbagi dan belajar bersama. Forum diskusi menjadi bagian paling sentral di eLisa. Melalui forum diskusi, dosen dan mahasiswa dapat saling bertukar pikiran, membuka wawasan dan melatih keterampilan berpikir kritis.


Kuis & Tugas

Penilaian merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Oleh karenanya, eLisa memiliki fitur kuis sebagai sarana mahasiswa untuk berlatih dan juga fitur tugas sebagai sarana penilaian. Mahasiswa dapat mengumpulkan hasil pekerjaannya melalui eLisa, tanpa kertas, tanpa harus datang ke kelas. Fitur ini akan dikembangkan seiring dengan perkembangan kebutuhan dosen dan mahasiswa dalam aktivitas penilaian.


eLisa diharapkan mampu memfasilitasi dosen, mahasiswa, dan masyarakat luas pada umumnya untuk dapat saling berkolaborasi, berbagi pengetahuan, belajar bersama, dan menciptakan pengetahuan-pengetahuan baru sebagai sumbangsih warga pengguna eLisa untuk peradaban dunia. Hal ini sejalan dengan semangat ke-UGM-an yang mengakar kuat, menjulang tinggi.