Kehati-hatian dalam Mengunggah Materi Pembelajaran, Perhatikan Aspek Legal (Hak Cipta)

Seiring dengan berkembangnya ukuran pengguna eLisa, kemungkinan untuk adanya beberapa orang pengguna eLisa mengunggah materi pembelajaran yang dilindungi hak cipta (atau dengan kata lain melanggar hak cipta) semakin besar. Oleh karena itu, kami dari pihak administrator eLisa menghimbau kepada para pengguna eLisa agar berhati-hati dalam mengunggah materi pembelajaran di eLisa.

  1. Pastikan materi pembelajaran yang Anda unggah tidak melanggar hak cipta.
  2. Bila materi pembelajaran yang anda unggah adalah buatan Anda sendiri, pastikan konten materi pembelajaran yang Anda buat tidak mengandung plagiarisme/pelanggaran hak cipta.
Hak cipta dilindungi Undang-Undang No. 19 tahun 2002. Pasal 72(1) kurang lebih menyatakan bahwa barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan atau menjual ciptaan orang lain (melanggar hak cipta) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai hak cipta, berikut dokumen yang dapat Anda pelajari.

Atau Anda dapat mengunjungi laman interaktif berikut sebagai bahan perbandingan Cyber Bee (dalam bahasa Inggris dan setting negara Amerika Serikat)

Jika Anda ingin mendapatkan material yang dapat digunakan secara bebas, berikut laman yang menyediakan peramban untuk bahan-bahan dengan lisensi “creative common“.

Mari kita tingkatkan kesadaran terhadap hak cipta agar tercipta proses pembelajaran yang nyaman dan aman.Terimakasih atas pengertian dan kerjasamanya.

2 thoughts on “Kehati-hatian dalam Mengunggah Materi Pembelajaran, Perhatikan Aspek Legal (Hak Cipta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *