Login eLisa menggunakan SSO UGM

Untuk lebih memudahkan Dosen maupun Mahasiswa civitas Universitas Gadjah Mada dalam menggunakan eLisa, kami telah menambahkan layanan login menggunakan Single Sign On (SSO) UGM. Manfaat menggunakan SSO UGM salah satunya adalah berkurangnya password yang harus diingat.

Bagaimana menggunakan SSO UGM untuk login eLisa?

Untuk dapat login eLisa menggunakan email UGM, pastikan email yang Anda gunakan ketika mendaftar eLisa adalah email UGM. Kemudian masuk ke halaman login, pilih tombol SSO UGM untuk login menggunakan email UGM.

Gambar login eLisa

Login eLisa

Anda akan diarahkan ke halaman untuk login menggunakan email UGM.

Email yang terdaftar di eLisa bukan email UGM, bagaimana bisa menggunakan SSO UGM?

Agar dapat menggunakan email UGM untuk login eLisa, Anda harus melakukan aktivasi SSO UGM dari eLisa. Jika Anda mengaktifkan email UGM untuk login eLisa, secara otomatis email lama yang Anda gunakan untuk login eLisa akan diganti menggunakan email UGM. Caranya adalah sebagai berikut,

Login eLisa menggunakan email Anda.

Login eLisa

Login eLisa

Masuk ke halaman edit biodata

Edit Biodata

Edit Biodata

Di bagian bawah, apabila email yang Anda gunakan bukan email UGM maka akan tampil seperti gambar berikut,

Aktifkan email UGM

Aktifkan email UGM

Setelah Anda klik menu tersebut, maka Anda akan masuk pada halaman aktivasi SSO UGM yang mewajibkan Anda memasukkan nama email UGM (tidak menggunakan @ugm.ac.id).

Masukkan nama email UGM Anda

Masukkan nama email UGM Anda

Pastikan nama email UGM tersebut sudah benar, lalu gunakan tombol Aktifkan. Apabila email UGM Anda belum digunakan maka sistem eLisa akan mengirimkan langkah berikutnya ke email UGM Anda. Silakan buka email UGM Anda (http://ugmail.ugm.ac.id) untuk langkah selanjutnya.

Setelah email UGM Anda aktif menjadi email login eLisa, silakan login menggunakan email UGM.

Apakah harus menggunakan SSO UGM?

Akan ada banyak keuntungan jika Anda mengaktifkan email UGM untuk login eLisa.

Saya tidak punya email UGM, apakah saya masih bisa menggunakan eLisa?

Bisa, tetapi Anda tidak akan mendapatkan keuntungan lebih.

Tim pengembang eLisa akan selalu menambahkan layanan-layanan terbaik untuk pengguna eLisa. Silakan kirim kritik dan saran ke elisa@ugm.ac.id untuk pengembangan eLisa. Karena eLisa dibangun dengan jiwa ke-UGM-an didalamnya.

10 thoughts on “Login eLisa menggunakan SSO UGM

  1. ketika saya beralih menggunakan SSO UGM. kenapa kuliah yang saya ikuti semua hilang.. jadi saya harus minta ijin masuk ke dalam grup lagi.. dan ketika beralih ke SSO ternyata akun saya menjadi dobel. nama saya yang menggunakan email lama ada di dalam grup, tetapi ketika saya beralih ke akun SSO, malah menimbulkan saya mempunyai dobel akun… tolong bisa segera di perbaiki. terimakasih

    • Mas, selama SSO belum fix (belum ada pengumuman resmi yang menyatakan bahwa SSO sudah terintegrasi sempurna) gunakan email lama saja. Hilangnya komunitas itu karena sistem menganggap bahwa SSO dan akun yang digunakan sekarang itu berbeda (saya juga mengalaminya).

      Akhirnya saya memutuskan selama sistem SSO belum terintegrasi sempurna, saya menggunakan email saya yang lama untuk login (komunitas saya masih lengkap dengan email lama)

  2. Saya mengalami hal yang sama seperti guntur, sepertinya antara SSO dengan email yang saya gunakan (padahal saya menggunakan email UGM) belum terintegrasi. Di mana email UGM menggunakan domain mail.ugm.ac.id sedangkan SSO menggunakan domain ugm.ac.id dan dianggap berbeda sehingga terjadi akun ganda.

    Selain itu, ketika saya login menggunakan SSO mengajukan untuk bergabung dalam suatu komunitas, akun saya tidak ter-detect untuk disahkan oleh dosennya. 🙂

    Semoga bisa secepatnya diperbaiki, terima kasih.

  3. Saya coba akses eLisa dari Google Chrome kenapa tidak bisa loading ya? Cuma muncul blank page dengan kata “Disallowed Key Characters”. Tapi kalau melalui browser lain bisa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *