Menambah Mahasiswa

Setelah komunitas Anda siap, langkah selanjutnya adalah mengundang mahasiswa untuk bergabung menjadi anggota.

Ada dua cara untuk memasukkan mahasiswa ke dalam komunitas: cara dosen aktif dan cara mahasiswa aktif.

Cara Dosen Aktif

Dengan cara ini, dosen mengundang semua mahasiswa melalui email. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Pada pertemuan pertama, dosen meminta semua mahasiswa untuk menyerahkan alamat emailnya.
  2. Kemudian dosen masuk ke eLisa, membuka komunitasnya, lalu mengklik tombol “Undang” pada kolom kanan halaman depan komunitas. Popup “Undang Anggota” akan muncul seperti di bawah ini:
  3. Masukkan semua email mahasiswa yang akan diundang ke dalam kotak isian, pisahkan dengan tanda koma.
  4. Klik tombol “Undang”. eLisa akan memasukkan semua email yang terdaftar ke dalam komunitasnya.Jika ada email yang belum terdaftar, maka eLisa akan mengirim email undangan bergabung ke eLisa. Setelah mahasiswa bersangkutan bergabung, maka secara otomatis dia akan tergabung ke komunitasnya.

Cara Mahasiswa Aktif

Dengan cara ini, mahasiswa akan mencari komunitasnya sendiri di eLisa, kemudian bergabung dengan mengklik tombol “Gabung”. Dosen harus menyetujui semua mahasiswa yang akan bergabung, kecuali dosen menyediakan password komunitas.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Pada pertemuan pertama, dosen menginstruksikan mahasiswanya untuk mencari komunitasnya di eLisa kemudian klik “Gabung”.
  2. Setelah mahasiswa mengajukan permohonan “Gabung”, dosen masuk ke eLisa, kemudian masuk ke komunitasnya.
    Di bagian kanan atas komunitas akan muncul kotak merah di atas menu “Anggota”. Ini indikator bahwa ada permohonan gabung yang harus disetujui.

    3.1.2. Ada permohonan bergabung

  3. Klik menu “Anggota” sehingga muncul halaman “Anggota” untuk mengelola keanggotaan. Secara otomatis, eLisa akan membawa Anda ke tab “Menunggu Persetujuan” guna menyetujui anggota yang ingin bergabung.

  4. Pada tabel daftar mahasiswa yang ingin bergabung, klik tombol “Sahkan” untuk menyetujui keanggotaannya.

Jika menyetujui keanggotaan dirasa terlalu merepotkan (terutama jika peserta kuliah lebih dari 30), Anda dapat memanfaatkan fasilitas “Password Komunitas”.

Password Komunitas

Password komunitas berguna untuk mengurangi beban dosen dari kerumitan menyetujui calon anggota komunitas satu per satu. Jika komunitas Anda diberi password, ketika calon anggota akan bergabung, ia dapat mengisikan password sehingga akan otomatis disetujui tanpa harus dicek oleh dosen.

Cara mengeset password komunitas

  1. Masuk ke komunitas Anda.
  2. Pada menu komunitas di sebelah kanan atas, klik pada menu “Kelola”. Akan muncul halaman “Pengelolaan” komunitas.
  3.  Di bagian tengah halaman tersebut ada isian password komunitas. Isikan dengan satu kata yang cukup unik.
  4. Tekan tombol “Simpan” di bagian bawah halaman untuk mengaktifkan password komunitas.

Setelah komunitas diberi password, Anda dapat mengumumkan password tersebut kepada mahasiswa Anda seperti misalnya pada pertemuan pertama di kelas. Anda bisa mengumumkan kepada mahasiswa bahwa password hanya berlaku seminggu, supaya pada pertemuan berikutnya semua mahasiswa sudah bergabung ke komunitas Anda.

Untuk berhenti menggunakan password komunitas, masuk kembali ke halaman kelola, dan kosongkan bagian password.

Anda juga bisa Mengangkat asisten untuk membantu mengelola elearning Anda.

One thought on “Menambah Mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *