Sekilas eLisa

eLisa adalah learning management system, atau sistem untuk mengelola pembelajaran secara online. Layanan ini dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada untuk memperkaya proses pendidikan bagi Dosen dan Mahasiswa.

Pada video di bawah ini, Anda dapat melihat sedikit gambaran cara kerja eLisa.

Pada November 2011, eLisa memenangkan Anugrah ICT Indonesia (INAICTA) untuk kategori Learning Management System terbaik.

Ada berbagai fitur eLisa yang mudah-mudahan membuat pembelajaran secara online semenyenangkan tatap muka di kelas.

  • Komunitas. eLisa dirancang dengan konsep komunitas, sehingga mahasiswa yang sudah menyelesaikan sebuah course online dapat membantu dan memperkaya belajar adik kelasnya.
  • Ruang. Bahan kuliah di eLisa dipilah-pilah dalam ruang-ruang yang kecil sehingga lebih mudah dicerna oleh mahasiswa. Dalam setiap ruang, dosen bisa meng-upload bahan kuliah, mengadakan diskusi, serta menjalankan kuis dan tugas online.
  • Diskusi. eLisa menyediakan fitur diskusi yang praktis dan interaktif. Dengan adanya fasilitas “Setuju” dan layanan analisis diskusi, dosen dapat melakukan authentic assessment terhadap diskusi dengan lebih mudah.
  • Kuis Online. Fitur ini dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai bahan latihan. Tersedia tiga jenis soal, yaitu soal pilihan, soal isian, dan soal esai. Soal pilihan dan soal isian dapat dicek komputer secara otomatis.
  • Tugas Online. Dosen bisa mengadakan penugasan online, di mana pekerjaan mahasiswa tidak diserahkan langsung tetapi secara online di eLisa.
  • Mobile Version. Versi mobile eLisa (elisa.ugm.ac.id/m) mempermudah mahasiswa mengakses pembelajaran dari mana saja dengan bantuan handphone GPRS.

Untuk mempelajari langkah-langkah memakai eLisa, silahkan mulai dengan topik Registrasi. Atau jika Anda sudah register, langsung ke Membuat Komunitas.

Secara umum, langkah-langkah untuk memakai eLisa adalah sebagai berikut:

  1. Register
  2. Membuat komunitas
  3. Membuat ruang
  4. Mengupload bahan kuliah
  5. Mengundang mahasiswa
  6. Memulai diskusi
  7. Mengadakan kuis dan tugas

14 thoughts on “Sekilas eLisa

  1. Pingback: 100 Open Courses di eLisa | eLisa User Center

  2. eLisa ini apa hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dan dosen UGM aja ya….?? kalau seperti saya yang non mahasiswa / dosen UGM bagaiman u/ mengikuti eLisa…?? Karna dulu saya juga pernah kuiah di Fak Ekonomi tapi di Universitas Jember yang tinggal menyelesaikan skripsi S!….

  3. Pingback: UGM Open Courses

  4. Mahasiswa s2 jg bs gabung? Trus untuk peserta apa dibatasi? N komunitas yg dibuat berdasarkan jurusan atau yg lainnya..

  5. makin keren aja nih Elisa. dulu sih cuma sempat denger serba sedikit aja dari dosen. saya jadi merasa lahir terlalu cepet deh 😀

  6. Saya sudah teraktivasi sebagai member elisa dan udah diundang ke salah satu komunitas, tapi yang mau saya tanyakan, kok pas mau gabung ke komunitasnya malah disuruh login lagi, yaudah saya login lagi, eh malah ngulang dari profil saya lagi, saya ulang terus dan selalu begitu kejadiannya. Kejadian ini juga terjadi ketika saya klik ‘kelola biodata’, kejadiannya sama kayak yang saya jelasin tadi, mohon bantuannya

    Terimakasih

  7. Non so perche8 ma quando vado a the Mall non riseco mai a tornare a mani vuote!!;)) La prima e la sesta foto sono meravigliose! Ti seguo sempre volentieri Baci Mary Fashion tea at 5

  8. عامر قال:عزيزي انس نسيت تشير الى ان اسهم شركة سامسونغ خاست 12 مليار دولار هههههههه و اسهم ابل طارت فالعلالي و اتمنى ان يكون درس لمن يلعب مع الكبير و تبقى ابل في القمة و لعنة ستيف ما زالت تطارد المسخ سامسونغ بالرغم من موته منذ شهور هع هع هع هع

  9. Der var det mye fint ja!! :)Storesøster her i hus, som nettopp har begynt på skoleb, trenger et ekstra par støvler hun kan ha hjemme, så de utrolig fine Blokhus gummistøvlene i grå med stjerne hadde ihvertfall hun fått. Og så var jo ponchoene også veldig fine!:)Klem June

  10. G’day Chuddle. I’m not sure exactly. I know a few people have been surprised at it but I can’t remember why! One guy thought it was a 1500 with a 1300 engine, cos of the body. Would that explain it?Maybe someone else reading this can help.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *