Budidaya Tanaman Sayur dan...

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

Mata kuliah ini mencakup bahasan mengenai prospek tanaman sayur, batasan tanaman sayur dan sayuran, klasifikasi tanaman sayur, pola pertumbuhan tanaman sayur, faktor lingkungan tumbuh, budidaya tanaman sayur, perlakuan khusus: vernalisasi, fotoperiodisme, vegetables forcing, budidaya tanaman sayur secara hidroponik; panen dan penanganan pascapanen sayuran, pemuliaan tanaman sayur dan produksi benih sayur.

Tujuan Pembelajaran:

  1. Menjelaskan prospek tanaman sayur, arti penting tanaman sayur bagi kehidupan manusia baik dari segi nilai gizinya maupun nilai ekonominya.
  2. Menjelaskan klasifikasi tanaman sayur atas dasar organ yang dimakan, cara budidaya, syarat tumbuh terutama suhu dan klasifikasi botani.
  3. Terampil dalam melakukan budidaya tanaman sayur,  baik secara konvensional maupun hidroponik, termasuk perlakuan khusus dalam budidayanya.
  4. Menentukan saat panen yang tepat beserta cara penanganannya.
  5. Menerapkan metode pemuliaan tanaman sayur yang tepat.
  6. Dapat memproduksi benih sayuran yan
Selengkapnya »

Bale-bale