DASAR ANALISIS GENETIK-PTD...

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

Dasar Analisis Genetik (PTD3103) merupakan matakuliah pilihan, tetapi wajib diambil oleh mahasiswa yang berminat menjadi asisten atau penelitian di bawah koordinasi (bimbingan) dari dosen di Laboratorium Pemuliaan Ternak. Matakuliah ditawarkan kepada mahasiswa semester 3, 5 dan 7 yang telah mengambil dan lulus matakuliah Genetika (PTD1101) dan Statistika (PTU1003).

Silabus: Pengetahuan dasar mengenai Biologi Sel dan fenomena pewarisan sifat. Mempelajari berbagai fungsi gen dan kromosom. Hukum Mendel dan perluasannya pada ternak serta perubahan tatanan materi genetik. Secara umum diperkenalkan genetika kuantitatif pada ternak dan pengenalan genetika Molekuler.

Metode Pembelajaran: Kuliah dan praktikum (SKS 1/1). Sejak ditawarkan pertama kali pada kurikulum 2011, pembelajaran dasar analisis genetik menggunakan metode "Student Teacher Aesthetic Role-sharing (STAR)". Yaitu kegiatan perkuliahan dengan melibatkan mahasiswa dan dosen dalam hubungan/suasana akademik yang lebih erat dan serasi.

Selengkapnya »

Bale-bale