Ekonomi Internasional

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

 

Perdagangan produk pertanian di tingkat internasional maupun domestik di era globalisasi ini semakin menunjukkan perkembangan yang pesat. Hal tersebut dapat terindikasi dari peraturan perdagangan antar negara yang semakin mengikat dan saling mempengaruhi kondisi ekonomi dan politik suatu negara. Kondisi tersebut tercermin dari semakin intensifnya upaya perlindungan terhadap perkembangan agribisnis sejenis di dalam negeri (domestik) melalui regulasi domestik (non-tariff barier, dll.), regional (Free Trade Agreement/FTA, dll.) maupun internasional (AoA).

Setiap negara tentu akan berupaya untuk melindungi sekaligus mengembangkan agribisnis domestik yang tidak saja berbasis produk primer tetapi mengarah pada produk-produk olahan atau hasil agroindustri. Tidak terkecuali untuk Indonesia yang sebagian besar rakyatnya bermata-pencaharian di bidang pertanian, mulai dari petani hingga perusahaan pertanian di hulu maupun hilir dalam sistem agribisnis. Kenyataan menunjukkan bahwa aktivitas

Selengkapnya »

Bale-bale

Anggota (0)

Komunitas ini belum memiliki anggota.