Kajian Budaya & Media (Pas...

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

Kajian budaya dan kajian media tidaklah sinonim, kendatipun keduanya saling mempengaruhi, berbagi metode serta memiliki perhatian yang sama terhadap produksi dan resepsi teks maupun komoditas budaya. Di samping itu, masing-masing sesungguhnya berasal dari sejarah, disiplin dan trajektori yang berbeda. Perbedaan yang paling menyolok terletak pada intervensi pemikiran Marxis dan filsafat kontinental (tradisi strukturalis dan perubahannya), yang memungkinkan kajian budaya mempengaruhi kajian media melalui: (1) reposisi kajian “media massa” menjadi studi kritis terhadap “budaya popular”; (2) investasi intelektual maupun ideologis dalam semiologi dan kritik ideologi terhadap teks media dan audiens; (3) penekanan pada kritik media berbasis identitas, dan (4) pencarian titik temu antara kritik ekonomi-politik dan kajian budaya media.

Oleh karena itu, fokus kuliah ini terutama pada integrasi kajian media ke dalam kajian budaya serta menggarisbawahi fakta bahwa riset kom

Selengkapnya »

Bale-bale

Dosen & Asisten

Anggota (1)