Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

Mata kuliah ini memperkenalkan teori dan kajian media dari perspektif identitas kultural, gender dan seksualitas. Isu-isu yang akan dibahas meliputi wacana LGBT, maskulinitas dan feminisme baik terkait dengan proses produksi dan konsumsi media sekaligus bagaimana wacana tersebut direpresentasikan di beragam media.

Mata kuliah ini memberikan wawasan dan perspektif kritis kepada mahasiswa untuk dapat membaca relasi kuasa terkait dengan identitas budaya dan isu gender, seksualitas dan identitas di media yang terkait dengan pekerja media, teks media dan khalayak. Dalam proses pembelajaran, mahasiswa diajak untuk memahami berbagai pendekatan kontemporer untuk memahami proses produksi media, membaca beragam pemaknaan teks media, dan mengetahui identitas kultural khalayak dalam memaknai teks media terkait.

Sebagai kompetensi awal, mahasiswa diharapkan sudah memiliki pengetahuan dasar tentang konsep-konsep awal tentang gender, seksualitas, hak asasi manusia, relasi kuasa, komunikasi massa dan

Selengkapnya »

Bale-bale