Metode Penelitian Linguistik

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

        Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib Jurusan Sastra Nusantara. Metode penelitian dalam modul pembelajaran ini adalah metode penelitian untuk spesialisasi linguistik. Mata kuliah ini membahas metodologi dalam  penelitian linguistik, meliputi definisi metode dan metodologi, dikotomi penelitian kuantitatif dan kualitatif, variabel penelitian linguistik, serta tahap dan metode penelitian.

        Mahasiswa akan memahami metode dalam penelitian linguistik, yang mencakup metode penyediaan data, metode analisis data, dan metode penyajian hasil analisis. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengimplementasikan faktor-faktor pendukung penelitian bahasa. Selanjutnya diharapkan dapat mengaplikasikannya untuk menyusun sebuah  penelitian bahasa-bahasa Nusantara khususnya bahasa Jawa.

        Penilaian terhadap kompetensi yang dicapai mahasiswa dilakukan dengan indikator hasil pembelajaran berupa tugas yang dilakuk

Selengkapnya »

Bale-bale