Perspektif Konten Komunikasi

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

Dalam sebuah proses komunikasi, terdapat unsur-unsur komunikasi yang saling berhubungan, yakni: sumber, pesan, media pembawa pesan, penerima pesan, dan efek pesan. Dari semua unsur ini, tentu saja pesan yang sangat penting adalah bagaimana pesan komunikasi itu sampai kepada penerimanya. Pesan inilah yang dalam matakuliah ini disebut konten komunikasi.

Tentu saja konten komunikasi itu tidak bisa berdiri sendiri sebelum sampai kepada penerimanya. Ia harus berurusan dengan media dan bahasa yang dipakai ketika menyampaikan konten itu. Dengan begitu, masalahnya tidak sesederhana yang dibayangkan. Terdapat berbagai masalah yang bisa merintangi konten komunikasi itu sampai kepada penerimanya.

Bertolak dari kenyataan ini, matakuliah ini bermaksud menggambarkan berbagai perspektif dalam merumuskan konten komunikasi. Dengan gambaran ini, mahasiswa akan bisa memahami, bahkan, menghayati, proses untuk menjadi konten komunikasi kepada penerimanya. 

Bale-bale