Politik dan Pemerintahan Desa

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

 

Dalam rentang panjang kesejarahan di Indonesia, desa telah menjadi unit dan arena penting pertarungan ekonomi dan politik dari berbagai aktor baik itu negara, kapital maupun elit-elit lokal dan nasional. Hal ini tidaklah mengherankan karena desa menjadi pusat sumberdaya ekonomi, sekaligus sumberdaya sosial dan politik, yang sangat menguntungkan bagi aktor-aktor yang mampu menguasainya.

 

Urgensi untuk membahas tentang Politik dan Pemerintahan Desa juga ditemukan pada adanya kenyataan sosiologis bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggantungkan kehidupannya pada desa. Desa bahkan telah memberi pengaruh signifikan terhadap penciptaan perilaku ekonomi, politik, kultural dan sosial bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Urgensi yang lainnya terletak pada karakter desa di Indonesia yang sangat beragam dilihat dari aspek geografis, ekonomi, sosial dan kultural yang memungkinkan adanya pola pengelolaan politik dan kepemerintahan yang berbeda-beda dari satu tempat k

Selengkapnya »

Bale-bale