Rancang Bangun 2012

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

Tema Kuliah:

Pemanfaatan Bahan-bahan Buangan Organik, Sisa, Non-komersial dengan potensi ketersediaan : mudah didapat/kuantitas besar, untuk dikembangkan sebagai bahan dinding bangunan.

Keterangan:

Bahan-bahan organik diantaranya dari tumbuhan maupun binatang. Bahan-bahan ini banyak dijumpai dan dimanfaatkan. Pada kenyataannya, sebagai bahan-bahan komersial hanya dimanfaatkan sebagian saja dan sisanya menjadi bahan buangan yang jumlahnya cukup besar (mencapai 20-30%). Sebagai contoh: ranting-ranting pohon, daun-daunan, kulit buah, bulu unggas, kulit kerang, dll.

Bahan-bahan ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan salah satunya adalah untuk elemen bangunan. Tetapi sebagian besar bahan buangan ini masih harus dipersiapkan terlebih dahulu agar siap digunakan. Metode-metode persiapan ini masih perlu untuk di teliti lagi karena setiap bahan memerlukan perlakuan yang berbeda-beda agar siap dijadikan bahan konstruksi bangunan yang stabil, kuat, tahan lama, dan aman.

Sebagai bahan konst

Selengkapnya »

Bale-bale

Anggota (0)

Komunitas ini belum memiliki anggota.