S1- DPP- HAM & KEWARGANEGA...

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

Kewarganegaraan (citizenship) -sebagai status sekaligus proses-, merupakan pilar dasar bagi bangunan politik modern. Lebih jauh, formasi kewarganegaraan demokratis merupakan hal yang tidak bisa diabaikan dalam proses pelembagaan demokrasi -yang saat ini diyakini sebagai mode of governance terbaik-. Hal ini dikarenakan kewarganegaraan pada dasarnya adalah gagasan yang mengatur lebih jauh hubungan antara negara dan warganegara yang dikembangkan di atas hak (rights) dan kewajiban (obligations) masing-masing. Sedangkan hak asasi manusia (HAM) merupakan fondasi normatif yang hanya akan teraktualisasi dengan baik dalam kerangka politik kewarganegaraan. Maka gagasan kewarganegaraan dan hak asasi manusia menjadi dua hal yang saling berkelindan satu sama lain.    

Oleh karena itu, Jurusan Politik & Pemerintahan (JPP) Fisipol UGM menawarkan mata kuliah “HAM dan Kewarganegaraan” sebagai salah satu mata kuliah wajib jurusan dalam kelompok substansi terpilih. Beban ma

Selengkapnya »

Bale-bale