S1-JPP-Kebijakan Publik

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

Secara sederhana, proses kebijakan dipahami sebagai serangkaian keputusan yang diambil atau tidak diambil oleh mereka yang yang memiliki tanggungjawab dan otoritas di area kebijakan yang ada. Biasanya, keputusan-keputusan tersebut merupakan pernyataan atau posisi formal tertentu pada sebuah isu yang kemudian dieksekusi oleh birokrasi. Dengan kata lain, kebijakan dipahami sebagai sebuah hasil produk dari sebuah proses linear melalui agenda setting, penentuan keputusan dan, terakhir, implementasi kebijakan (Keeley dan Scoones, 1999: 3-4).

Tampaknya definisi tersebut tak lagi cukup memadai untuk menggambarkan proses kebijakan di dunia yang nyata.  Kebijakan publik bagi kita bak orang buta melihat seekor gajah: kita mengetahuinya saat memegang bentuknya tapi kita tidak mudah mendefinisikannya. Dalam kenyataanya, kebijakan secara umum merupakan jejaring keputusan-keputusan yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan secara inheren merupakan proses politik daripada sekedar ekse

Selengkapnya »

Bale-bale

Anggota (75)