S1 JPP Politik Perkotaan

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

Dalam satu dekade terakhir telah terjadi peningkatan jumlah penduduk dunia yang tinggal di kota. Hitungan kasar, hampir 70% penduduk dunia tinggal di kota di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan kota menjadi magnet baru kehidupan manusia. Di Indonesia kajian kota dari kaca mata ilmu politik masih sangat terbatas, meski di disiplin sejarah, sudah banyak karya sejarah tentang kota (Columbijn, 1998)

Keterbatasan kajian tentang kota dalam studi politik Indonesia disebabkan karena adanya dominasi kajian politik di wilayah pedesaan yang berlangsung dalam tiga dekade terakhir. Berbagai teori-teori politik kunci seperti patronase politik lahir dengan setting relasi dengan konteks pedesaan. Bergesernya sebaran demografis penduduk Indonesia dalam satu atau dua dekade terakhir ke kota-kota ibukota provinsi dan kota besar lainnya di pulau-pulau besar di Indonesia, memperkuat signifikansi kota sebagai  subjek kajian baru. Belakangan kita mendengar di kota lah inisiatif-inisiatif baru muncul di b

Selengkapnya »

Bale-bale

Anggota (0)

Komunitas ini belum memiliki anggota.