Sejarah Diplomasi Eropa

Ini adalah komunitas tertutup. Anda dapat mengakses semua materi belajar, diskusi, kuis, dan tugas setelah bergabung dengan komunitas ini dan dosen pengampu akan mengesahkan keanggotaan Anda.

Tujuan Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

Pertama, agar mahasiswa memahami dinamika politik Eropa dari awal abad 19 hingga pertengahan abad 20. Merujuk pada peribahasa Perancis: l'histoire se répète (sejarah selalu terulang kembali). Melalui serangkaian peristiwa yang terjadi dalam sejarah, kita dapat menarik satu benang merah atau pola-pola yang sering muncul dalam isu tertentu. Pola-pola yang terbentuk tersebut dapat digunakan untuk menganalisis atau memperkirakan perkembangan kasus yang terjadi di masa kini.

Kedua, mengelaborasi perkembangan konsep-konsep modern dalam ilmu Hubungan Internasional yang berkembang dalam dinamika sejarah di Eropa. Eropa adalah tempat lahirnya konsep negara-bangsa (nation-state). Selain itu, beberapa konsep penting seperti realisme, nasionalisme dan balance of power juga berkembang dalam dinamika politik di Eropa.

Ketiga, menggarisbawahi keterkaitan sejarah diplomasi Eropa dengan major events Hubungan Internasional kontemporer. Dinamika di Eropa masa kini seringkali

Selengkapnya »

Bale-bale