Daftar komunitas:

Belum ada komunitas.

Informasi

Pendidikan Pascasarjana di UGM khususnya untuk program doktor telah dikembangkan sejak tahun 1950. Sedangkan untuk program magister dikembangkan mulai tahun 1980 setelah pemerintah menetapkan stratafikasi jenjang perguruan tinggi yang meliputi jenjang S1, S2, dan S3.

Pawa awalnya harus kita akui bahwa minat masyarakat untuk menempuh jenjang pendidikan pada program S2 (magister) dan program S3 (doktor) masih sangat kurang. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan semakin ketatnya persaingan dalam era globalisasi menjadikan minat masyarakat untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi semakin meningkat. Bahkan saat ini ada sebagian masyarakat yang memandang bahwa dengan lulus S1 (sarjana) belumlah cukup. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila jumlah calon mahasiswa S2 dan S3 dari tahun ke tahun semakin meningkat. Gairah masyarakat umum dalam merespon program S2 dan S3 ini ternyata juga diikuti oleh lembaga-lembaga baik pemerintah maupun swasta, seperti Pemerintah Daerah (Pemda), BUMN, BUMD, LSM, perusahaan-perusahaan swasta dan sebagainya. Mereka menyadari bahwa memiliki sumberdaya manusia yang berkualitas merupakan salah satu cara untuk optimalisasi lembaga.

Pascasarjana UGM patut berbangga karena memiliki lebih dari 259 Guru Besar dan 767 Doktor lulusan dalam dan luar negeri dari berbagai disiplin ilmu yang mampu memenuhi keinginan masyarakat untuk meningkatkan kemampuannya melalui pendidikan dan pengajaran serta penelitian yang dikembangkan dalam program S2 dan S3 multidisiplin.

Perlu bantuan?