Biologi Laut - Senny Helmiati

Capaian Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

 

Mengetahui taksonomi dan distribusi biota dalam berbagai ekotipe laut; kekhasan biota di tiap ekotipe yang berkaitan dengan kekhasan kondisi ekologik; mekanisme adaptasi biota terhadap kondisi ekologik; dan produktivitas primer ekosistem laut.

Bale-bale

Tugas Kelompok 13 Biologi Laut
Nama Kelompok 13 :
1. Daniel Tri Adiputra (13007)
2. Andhika Nurul Insani (13013)
3. Ervan Noer Christianto (12821)
4. Rio Hary Martha (12989)
5. Zulkarnain (12682)
Pertanyaan :
Berilah contoh – contoh bukti teori Continental Drift!
Hasil diskusi :
Teorinya  teori Continental Drift merupakan salah satu teori yang
membahas tentang sejarah terbentuknya muka bumi.
Buktinya  menurut Wegener
Adanya kesamaan garis pantai antara dua benua Amerika Selatan dengan benua Afrika. Apabila kedua benua tersebut disatukan, maka garis pantainya akan serasi sama lain.
Diyakini bahwa Mesosaurus ketika hidupnya tidak akan melintasi samudra yang luas diantara kedua benua ini. Tetapi, sisa – sisa organisme yang ditemukan tampaknya menjadi bukti menyatunya kedua benua ini selama masa Paleozoikum dan masa awal Mesozoikum.
Iklim masa lampau ketika benar – benar disusun pembentuk Pangea sisa dari material glasial menyatu membentuk pola seperti hamparan es yang menutupi kutub bumi.
Jajaran pegunungan yang terpotong oleh samudra, tepatnya jajaran pegunungan pada kedua sisi Samudra Atlantik. Pegunungan Appalachia yang terpotong oleh pantai Newfoundland serupa dengan jajaran pegunungan dikepulauan Inggris dan Scandinavia dalam hal struktur dan juga umurnya.

Hasil diskusi Kelompok 12
Anggota:
1. Deriska Sri Asih (12660)
2. Sri Ningsih (12697)
3. Indah Lestari (12844)
4. Vika Putri W (12882)
5. Peniwiasih (13017)

Bagaimana pembagian zona di laut?
jawab:
zona laut di bagi menjadi 4. Pertama, zona intertidal, yaitu daerah pasang surut. Kedua, zona batial, yaitu daerah dasar yang mencakup lereng, benua, dan ke bawah sampai kedalaman 4000 meter. zona ini tidak tertembus sinar matahari. ketiga, zona abisal, yaitu daerah laut yang memiliki kedalaman >4000 meter. diwilayah ini suhunya sangat rendah dan tidak dpat ditembus cahaya matahari sehingga tidak terdapat tumbuh-tumbuhan. keempat, zona hadal (palung), yaitu zona bentik dan palung terdalam laut dengan kedalaman >6000 meter

Anggota

Komunitas ini belum memiliki anggota.