Selama masa tanggap darurat Covid-19 , maka pembelajaran dalam blok 2.6 TA 2019/2020 ini menggunakan sistem full online dengan memanfaatkan eLisa (eLearning System for Academic Community) sebagai metode asynchronous dan menggunakan platform daring seperti Webex, Zoom dan platform online lainnya sebagai metode synchronous. Kegiatan pembelajaran yang akan digunakan dalam blok 2.6 menggunakan pendekatan Student-Centered Learning yang meliputi kuliah pakar, diskusi tutorial, praktikum, keterampilan keperawatan, seminar atau presentasi jurnal, studi kasus sebagai pengganti studi lapangan dan belajar mandiri.

Semua kegiatan pembelajaran tersebut akan dilakukan secara daring. Penjelasan setiap aktivitas pembelajaran seperti dibawah ini :


1. Diskusi Kelompok Kecil (Tutorial)
Tutorial dijadwalkan 2 kali seminggu, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil (10–12 orang) untuk diskusi kelompok dengan metode seven jumps. Proses tutorial dilakukan secara daring dengan menggunakan platform online seperti webex, zoom, whatsapp group sesuai kesepakatan kelompok tutorial dan tutor. Pertemuan pada diskusi pertama akan melaksanakan langkah 1-5. Langkah 6 adalah belajar mandiri dimana mahasiswa menggunakan sumber belajar eksternal. Mahasiswa akan melaksanakan langkah 7 pada pertemuan diskusi yang kedua.

2. Belajar mandiri
Dalam pembelajaran orang dewasa, mahasiswa dapat belajar secara mandiri dari berbagai sumber belajar eksternal yaitu: perpustakaan, website (internet & intranet), e-Learning, buku, brosur dan jurnal.

3. Pembelajaran praktikum laboratorium
Proses pembelajaran laboratorium ditujukan untuk mencapai tujuan yang bersifat multi-dimensi. Pembelajaran di laboratorium sangat efektif untuk mencapai 3 ranah secara bersama-sama sebagai berikut:
a. Kemampuan kognitif yang tinggi
- Berlatih agar dapat memahami teori
- Berlatih agar segi-segi teori yang berlainan dapat diintegrasikan
- Berlatih agar teori dapat diterapkan pada permasalahan nyata
b. Keterampilan Afektif
- Belajar merencakan kegiatan secara mandiri
- Belajar bekerjasama
- Belajar mengkomunikasikan informasi mengenai bidangnya
- Belajar menghargai bidangnya
c. Keterampilan Psikomotor
- Belajar memasang peralatan
- Belajar memakai peralatan dan instrumen tertentu
- Belajar mendemonstrasikan suatu keterampilan tertentu

Selama masa tanggap darurat Covid-19, dimana tidak memungkinkan mahasiswa diminta untuk berkumpul melakukan praktikum, maka praktikum akan diberikan dalam bentuk video yang menggambarkan proses praktikum yang akan dipelajari. Video tersebut akan diunggah di eLisa dan mahasiswa diminta mengerjakan pre test dan post test dan memberikan rangkuman pengamatan

4. Kuliah Pakar
Perkuliahan selama masa tanggap darurat Covid-19 dilakukan dengan menggabungkan metode asynchronous dan synchronous. Semua sumber belajar berupa materi PPT dosen pengampu akan diunggah di platform eLisa sebelum dosen mengajar. Mahasiswa dipersilakan untuk mempelajari, kemudian dilanjutkan dengan kuliah online. Hal ini bertujuan supaya proses kuliah lebih efektif dan efisien .


5. Skills Lab
Sejalan dengan pelaksanaan praktikum biomedik, maka selama masa tanggap darurat Covid-19, dimana tidak memungkinkan mahasiswa diminta untuk berkumpul melakukan skillslab, maka gambaran ketrampilan keprawatan yang akan diberikan dalam blok ini akan ditampilkan dalam bentuk video yang diunggah di eLisa. Mahasiswa diminta untuk mengerjakan pre test post test. Post test akan dapat dikerjakan setelah mahasiswa melihat video pembelajaran. Praktek skillslab akan dijadwalkan setelah masa tanggap darurat selesai.


6. Studi Kasus (Sebagai pengganti studi lapangan)
Studi lapangan selama daring digantikan dengan mengunakan studi kasus. Kelompok akan diberikan kasus simulasi yang menggambarkan kondisi pasien yang mengalami gangguan cairan elektrolit, fungsi urinary dan gastrointestinal. Mahasiswa akan berdiskusi untuk memecahkan masalah di kasus tersebut kemudian melakukan presentasi hasil diskusi secara daring.

7. Seminar
Seminar dalam blok 2.6 adalah presentasi hasil diskusi studi kasus dan presentasi jurnal-jurnal ilmiah yang telah ditentukan. Presentasi dilakukan secara daring