Manajemen Agrobisnis

Capaian Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

        Manajemen Agrobisnis merupakan mata kuliah yang disusun sebagai aplikasi teori-teori ekonomi baik mikro maupun makro dan kewirausahaan dalam praktek pengelolaan bisnis pertanian terutama terkait dengan industri peternakan. Cakupan bisnis peternakan meliputi manajemen produksi yaitu mengkombinasikan raw materials, labor and capital equipment untuk  produksi yang menguntungkan, manajemen keuangan yaitu bertanggung jawab atas keuangan perusahaan , pencatatan transaksi bisnis dan mengendalikan posisi keuangan perusahaan sesuai dengan tujuan, serta manajemen pemasaran yaitu bertanggung jawab untuk menciptakan dan memenuhi permintaan pelanggan yang mendatangkan keuntungan. Dengan demikian bahasan da

Selengkapnya »

Bale-bale

Menanggapi Tugas dari Bu Tri Anggraeni Minggu ke-5 tentang Mengapa KV (koefisien variasi) produksi daging ayam di Daerah Jawa TIimur lebih tinggi dibandingkan dengan produksi daging sapi sendangkan di Yogyakarta malah sebaliknya yaitu KV produksi daging ayam lebih rendah dibandingkan dengan KV produksi daging sapi ?
JAWAB:
Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. salah satunya adalah Topografi. Di daerah Jawa timur banyak sekali tempat yang memungkin kan untuk memelihara ayam broiler dengan baik karena suhunya yang sesuai (sejuk dan dingin), sedangkan di Yogyakarta suhunya relatif tinggi sehingga lebih memungkinkan untuk memelihara Sapi. Dimana kita tau bahwa banyak sekali perusahaan atau peternak-peternak besar ayam broiler di Jawa Timur jika dibandingkan dengan sapi, namun sebaliknya perusahaan dan peternak Sapi di Yogyakarta lebih banyak dibandingkan dengan Ayam Broiler . Oleh karena itu resiko dan persaingan yang dialami oleh para produsen daging ayam broiler di Jawa Timur lebih tinggi, sedangkan di Yogyakarta resiko dan persaingan produksi daging sapi lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam broiloer. Besarnya resiko yang akan diterima oleh produsen sebanding dengan besarnya Koefisien variasi.

Hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengurangi resiko dalam suatu usaha ?? Kasus di lapangan banyak pengusaha pemula yang memilih gulung tikar dibandingkan mengambil resiko untuk tetap bertahan.
Bagaimana pendapat dan solusi teman-teman ?

Anggota

Komunitas ini belum memiliki anggota.