Metode Penelitian Komunikasi Kelas C (Pascasarjana-S2 Komunikasi)

Capaian Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

 

 

 

 

 

Mata kuliah ini bertujuan agar:

  1. Memberi pemahaman dan wawasan pada mahasiswa tentang unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode penelitian komunikasi.
  2. Memberi pemahaman dan wawasan pada mahasiswa dalam mengidentifikasi persoalan komunikasi dan media, untuk kemudian mencari solusi melalui penerapan dan perbandingan antarmetode dalam penelitian komunikasi.
  3. Memberi pemahaman dan keterampilan praktis mahasiswa dalam mengaplikasikan metode penelitian komunikasi baik kuantitatif maupun kualitatif.

 

 

Bale-bale

Teman-teman peserta kuliah Metode Penelitian Komunikasi S2, seiring dengan pemberlakuan sistem pembelajaran online berdasarkan edaran Rektor UGM, maka mulai Selasa, 17 Maret 2020 kelas ini akan berlangsung secara daring. Kita akan belajar dari tempat Anda masing-masing. Untuk menyamakan sistem di kelas ini, maka berikut aturan yang harus diikuti dalam proses pembelajaran.

Langkah-langkah untuk tercatat sebagai peserta kelas daring:
1. Anda harus masuk dan bergabung di komunitas ini pada pukul 13.00 - 15.00 sesuai dengan waktu perkuliahan diselenggarakan.

2. Presensi diperhitungkan dengan cara Anda memberikan tanda (bisa komentar, pendapat, atau sekadar memberikan persetujuan) dalam proses diskusi yang akan berlangsung di laman Bale-bale ini. Setiap peserta minimal memberitahukan kehadirannya cukup satu cuitan (tanda) saja, namun tetap diharapkan terlibat dalam diskusi berjalan via text.

3. Tim dosen akan memberikan respon dan akan memandu diskusi sesuai dengan topik belajar minggu bersangkutan. Sambil memberikan instruksi terkait referensi, penugasan, dan sebagainya.

4. Sistem kehadiran, diskusi, dan alat-alat lain pembelajaran akan dipandang dengan nilai yang sama seperti halnya praktek kelas konvensional.

5. Kita akan lebih banyak mengulas isi power point yang disampaikan di setiap minggu, berikut tugas yang akan menyertainya.

Selamat belajar dengan partisipasi aktif, dan tetap sehat ...

Dr. MS

Download

Slacktivism: Normalisasi Perilaku Pengguna Internet dan Komodifikasi Aktivisme

Bale-bale sebelumnya