Latar Belakang
Daerah Muna adalah daerah di Provinsi Sulawesi tenggara. Terkenal dengan hasil jatinya yang memiliki serat yang bercorak indah dan batang pohon yang lurus. Masyarakat menyebut jati dengan sebuta kulidawa (jati jawa) karena konon jati Muna berasal dri pulau Jawa.
Namun, keindahan jati itu kini hanya sejarah, fakta saat ini adalah terjadi eksploitasi tanpa melestrikan, eksploitasi yang hanya melihat nilai ekonominya saja, sehingga jati yang dulu luasannya mencapai 30.000 ha kini tersisa 1000 h. pasalnya eksploitasi ini didasarkan semenjak keluarnya kebijakan otonomi daerah dalam pemanfaatan kekayaan alam daerah melalui UU no 22/1999 dan no. 32/2004.
Kemudian pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan tentang Izin Pemanfaatan Kayu Tanah Milik (IPKTM). Terjadi perminan politik dari hal ini dimana pemerintah sendiri setelah mengeluarkan izin kemudian menandatangani MoU dengan PT. Usaha Loka Malang. Dan para pengusahapun ikut serta dalam mempercepat eksploitsi ini (Azhar, 2007).
Saat ini ketika pemerintah daerah melalu dinas hendak melakukan perbaikan namun ketika mereka menanam jati kembali selalu saja jati yang ditanam dicabut dan dirusak oleh warga.
Pertanyaan Ilmiah
Kebijakan seperti apa yang akan diupayakan untuk memperbaiki hubungan antara masyarakat dan pemerintah dalam mengelola hutan ?