Assalamualaikum Bapak/Ibu dosen atau bahkan teman-teman, mohon izin untuk berdiskusi, agar mendapatkan pencerahan.

Untuk mewujudakan pakan yang sehat serta Makanan yang aman untuk dikonsumsi, maka sangat baik rasanya apabila penggunaan AGP didunia Peternakan dibatasi. namun, dilihat dari performa ternak (terutama ayam broiler), setelah dibatasinya AGP didalam pakan, menyebabkan meningkatnya penyakit pada ayam broiler khusunya pada bagian usus.
penyakit yang sering dijumpai ada NE dan juga cocci. hal ini ditemukan saat melakukan nekropsi pada ayam. dan sering dijumpai pada umur 14 hari keatas, baik kandang close housed apalagi kandang open housed.
melihat permasalahan tersebut, dilihat dari segi bisnis sangat merugikan terutama pada peternak yang memiliki populasi ayam broiler >20.000 ekor. yang paling terasa dampaknya adalah membengkaknya FCR dan juga menurunnya Indeks Performa (IP) yang menyebabkan biaya membengkak bahkan peternak sering mengalami kerugian.
akibat dari permasalahan tersebut, sehingga secara praktis, meskipun pabrik pakan sudah tidak menggunakan AGP, akan tetapi peternak membeli AGP diluaran untuk meningkatkan Indeks Performa dari ayamnya sehingga mendapat keuntungan kembali.
dan dalam prakteknya, penggunaan AGP ilegal juga dapat meningkatkan Indeks Performa secara signifikan.

dari berbagai uraian diatas, kira-kira adakah antibiotik alami yang telah diuji terutama oleh Bapak/Ibu dosen yang efektif untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit didalam usus?
karena ditingkat peternak penggunaan bahan alami yang tak tepat, baik penggunaan maupun dosisnnya malah menambah masalah.

terima kasih