Pengelolaan dan Pengolahan Bahan Bakar Nuklir

Capaian Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

Deskripsi :

Mata kuliah ini dirancang agar mahasiswa memiliki kemampuan dasar mendesain suatu sistem pengelolaan bahan bakar nuklir yang sesuai dengan isu-isu terbaru dan kemajuan teknologi bahan bakar nuklir. Hal-hal yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini adalah (1) Pengertian Bahan Bakar Nuklir serta peraturan dan hukum yang terkait, (2) Siklus Bahan Bakar Nuklir, (3) Proses Pengolahan Bahan Bakar Nuklir dan (4) 3 S dalamSiklus Bahan Bakar Nuklir. Penilaian terhadap pencapaian kompetensi dilakukan melalui kuis (di kelas maupun di eLisa), hasil pelaksanaan tugas, Modified Table Top Exercise, promosi produk, penilaian antar teman, UTS  dan UAS.

Hasil Pembelajaran :

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu u

Selengkapnya »

Bale-bale

Jawaban kuis 2 :
1. Swelling bahan bakar terjadi ketika produk fisi yang berbentuk gas terbentuk dan memasuki pori-pori pelet UO2. Untuk itu ujung pelet dibentuk untuk mengakomodir munculnya gas-gas tersebut, khususnya He. (E)
2. Na mampu memindah C dari bahan bakar UC ke cladding. Oleh karena itu pemasukan Na di antara bahan bakar dan cladding (gap) akan mengurangi masalah swelling dan retak pada suhu tinggi . (C)

Semua peserta kuis harap mengirimkan perhitungannya ke susetyo@ugm.ac.id