Keperawatan maternitas adalah pelayanan keperawatan profesional yang berlandaskan pada ilmu dan kiat keperawatan maternitas. Lingkup asuhan keperawatan maternitas meliputi pemberian asuhan keperawatan yang berfokus pada pemeliharaan dan peningkatan kesehatan reproduksi yang menggunakan pendekatan bio-psiko-sosial-kultural-spiritual. Asuhan keperawatan yang dijalankan selalu berlandaskan pada proses keperawatan yang sistematis, meliputi pengkajian, perumusan diagnosis, penyusunan rencana tindakan keperawatan, melaksanakan tindakan keperawatan dan evaluasi.
Selama proses pembelajaran profesi pada stase keperawatan maternitas diharapkan mahasiswa berprilaku profesional dengan selalu mengembangkan pengetahuan, ketrampilan keperawatan dan etika profesi dalam memberikan asuhan keperawatan yang optimal sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan berbagai pengetahuan dan ketrampilannya langsung kepada klien dan berupaya untuk memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas dengan mengedepankan keselamatan pasien dan berdasar pada best evidence.
Fokus pembelajaran profesi ini adalah melakukan asuhan keperawatan maternitas pada klien dengan atau tanpa masalah kesehatan repoduksi, meningkatkan kesehatan wanita usia subur, ibu hamil, ibu melahirkan, ibu setelah melahirkan dan bayi sampai usia 40 hari pada kondisi normal maupun beresiko tinggi beserta keluarganya, serta wanita diluar masa kehamilan (dengan gangguan sistem reproduksi). Pembelajaran profesi stase keperawatan maternitas ini dilaksanakan selama 4 minggu setara dengan 3 SKS.