Praktikum Biomol Kelas C IV

Capaian Pembelajaran

Silakan isi tujuan pembelajaran klik tombol edit di kanan atas.
Ilustrasi tujuan pembelajaran

Bale-bale

[PENGUMUMAN]
Dear praktikan, diberitahukan bahwa karena adanya kesalahan teknis sehingga video tidak bisa diakses maka video yang lama pada P1, P2 dan P3 sudah dihapus dan diganti dengan link yang baru. Mohon kepada para praktikan untuk mengecek link-link terbaru tersebut. Terima kasih.

[TEKNIS RESPONSI PRAKTIKUM BIOLOGI MOLEKULER]

Mahasiswa harap memperhatikan ketentuan responsi berikut.

1. Responsi akan dibagi menjadi 7 pos utama dimana dalam pos tersebut memiliki topik yang berbeda-beda meliputi: 
Topik 1 : Isolasi DNA 
Topik 2 : Analisis DNA Hasil Isolasi dengan Spektrofotometer (P. II A)
Topik 3 : PCR-RFLP (P. II B)
Topik 4 : Elektroforesis Agarose
Topik 5 : Uji Sitotoksik
Topik 6 : NCBI
Topik 7 : Western Blot

2. Dari ke-7 pos tersebut, 2-3 di antaranya bersifat praktek (cuplikan dari langkah kerja praktikum) sedangkan sisanya bersifat mengerjakan soal tertulis

3. Setiap praktikan WAJIB memakai jas lab, gloves (disediakan dari lab), TIDAK diperbolehkan memakai KAOS OBLONG/T-shirt dan hanya diperbolehkan membawa kalkulator, pena, dan tip ex saat memasuki arena responsi.

4. Dalam 1 putaran responsi (2 golongan kurang lebih 30 orang), akan dibagi menjadi 5 kloter dimana setiap kloter akan terdiri dari 7 orang, kecuali kloter ke-5 (kloter sisa) hanya terdiri dari 2 orang). Praktikan yang belum mendapat giliran responsi akan dikarantina di lantai 3. Sambil menunggu, praktikan diperbolehkan membawa catatan untuk belajar. 

5. Sebelum memulai responsi, semua tas dan alat elektronik (termasuk HP) dikumpulkan di Lab Biomol. 
NB: bagi praktikan yang membawa HP pada saat karantina, akan diberi sanksi pengurangan nilai responsi. Nama yang terciduk akan dicatat oleh asisten pengawas. 
6. Pada saat telah memasuki arena responsi, ke-7 praktikan akan ditempatkan pada pos masing-masing (sesuai pembagian oleh asisten pengawas). Contoh : 
Praktikan presensi 1 di pos 1 = (pindah ke pos 2) 
Praktikan presensi 2 di pos 2 = (pindah ke pos 3) 
dst 
Praktikan presensi 7 di pos 7 = (pindah ke pos 1)

7. Waktu setiap pos itu hanya 5 menit. Praktikan akan diberi rambu-rambu oleh time keeper di dalam ruang responsi (waktu pengerjaan sisa 1 menit, dan waktu pengerjaan telah habis dan praktikan harus pindah ke pos selanjutnya)

8. Saat memasuki ruang responsi, setiap praktikan harus mengambil lembar jawaban yang telah tersedia dan menulis identitas diri (NAMA, NIM,  GOLONGAN) 
Lembar jawaban harus dibawa setiap praktikan berpindah ke pos selanjutnya.
Praktikan WAJIB menulis kode soal yang dikerjakan. Bila praktikan tidak menulis kode soal maka konsekuensinya ialah lembar jawaban tidak akan dikoreksi. 
Praktikan tidak boleh mencorat coret kertas soal.

9. Bila praktikan telah selesai melaksanakan responsi, praktikan mengambil kembali tas mereka dan boleh pulang.

10.  Praktikan diharapkan hadir tepat waktu. Kompensasi keterlambatan yang diberikan ialah maksimal 15 menit sebelum dimulainya responsi pada hari itu. Praktikan yang terlambat maka tidak dapat mengikuti responsi.

Bale-bale sebelumnya