Sistem Informasi Kesehatan untuk Perawat dan Bidan

Capaian Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu memahami gambaran umum sistem informasi kesehatan dan penerapannya dalam sistem kesehatan makro dan mikro. Beberapa isu yang akan dibahas dalam mata kuliah ini antara lain: konsep dasar sistem informasi, analisis situasi terhadap sistem informasi kesehatan nasional, konsep-konsep dan strategi pengembangan sistem informasi di organisasi kesehatan, proses dasar pengembangan sistem informasi kesehatan, sistem informasi kesehatan dalam praktik pelayanan kesehatan masyarakat, konsep dasar teknologi informasi, teknologi informasi dan komunikasi terapan dan tepat guna dalam praktik keperawatan dan kebidanan serta demo aplikasi teknologi informasi pada sistem kesehatan mikro.

Bale-bale

Berikut gambaran nilai akhir mahasiswa untuk matakuliah Sistem Informasi Kesehatan. Nilai ini merupakan kombinasi dari Quiz (20%), Ujian Tengah Semester (25%), Evaluasi Dosen (5%) dan Ujian Akhir (50%). Skor tertinggi dan terendah dibuat percentil 10, 25, 40, 50, 60 dan 75 sebagai batas penentuan nilai akhir yang dapat dilihat di gambar berikut.

Silahkan download sebuah aplikasi pencatatan klinis pada link yang terdapat di deskripsi topik Teknologi Terapan dan Tepat Guna dalam Praktik Kebidanan. Silahkan install di Laptop masing-masing sesuai dengan petunjuknya. Aplikasi tersebut akan digunakan dapat sesi terakhir pada hari Jumat 6 November 2015. Aplikasi tersebut akan disampaikan sebagai salah satu contoh pemanfaatan TIK pada praktek kebidanan.

Anggota

Komunitas ini belum memiliki anggota.