Transnasionalisme

Capaian Pembelajaran

Ilustrasi tujuan pembelajaran

Kuliah ini bertujuan memberikan pengetahuan mengenai fenomena transnasionalisme didalam hubungan internasional (HI) yang mencakup bidang-bidang politik, ekonomi dan sosial budaya. Melalui kuliah ini, mahasiswa akan diajak untuk memahami mengenai makna dan ruang lingkup perspektif transnasionalime dalam HI, menganalisa hubungan antara transnasionalisme dengan perubahan rezim politik, globalisasi budaya pop (pop-culture), industri telekomunikasi, pariwisata dan lain-lain. Hal yang spesifik dari mata kuliah ini adalah, mahasiswa akan diajak untuk melakukan penlitian lapangan (field-work) sebagai studi empiris (empirical study) guna mengenali fenomena transnasionalisme dalam kehidupan keseharian.

Bale-bale

Bagi seluruh peserta kelas Transnasionalisme 2012, kelas pada pertemuan ke-8 (Selasa, 13 November 2012) yang seharusnya diisi dengan agenda "Observasi & Assessment" (dosen menjelaskan mengenai prosedur penelitian & kemudian mahasiswa melakukan observasi) dengan tatap muka di kelas akan DITUKAR dengan agenda kelas pertemuan ke-9 yaitu "Pengumpulan Data".
Sehingga, hari ini tidak ada tatap muka di kelas, namun mahasiswa diharapkan menyusun questionnaire, interview guide, dan rancangan data.
Mahasiswa juga melakukan survey, wawancara, dan data collection.
Laporan kegiatan ini harus diserahkan pada pertemuan ke-9 (Selasa, 20 November 2012) pada tutor di kelas transnasionalisme.
Harap menyebarluaskan informasi ini pada seluruh peserta kelas Transnasionalisme 2012. Terima kasih.

Teman-teman, jangan lupa deadline pengumpulan abstraksi field work adalah besok Selasa, 09 Oktober 2012. Sampai jumpa di kelas!

Bale-bale sebelumnya

Anggota

Komunitas ini belum memiliki anggota.